Dapatkan harga terbaik setiap pembelian mobil Honda dibulan ini. Grab it Fast! Terima Trade - In (Tukar Tambah) semua merk TDP Ringan / Angsuran Kecil Free Aksesoris Proses Cepat
Menu
Model
Beranda » News » Industri Otomotif Nasional Mendapat Tambahan Pasokan Baja

Industri Otomotif Nasional Mendapat Tambahan Pasokan Baja

Dipublish pada 23 August 2016 | Dilihat sebanyak 94 kali | Kategori: News

Industri-Otomotif

JAKARTA— PT JFE Steel Galvanizing Indonesia siap menyuplai baja untuk kebutuhan sektor industri otomotif di Indonesia.

Pabrik baja tersebut sudah menyelesaikan pembangunan pabrik baja di Bekasi, Jawa Barat Pabrik yang secara resmi akan dibuka 15 September 2016.

Kami sudah beroperasi, tetapi belum komersial. Nanti kira-kira komersial pada Oktober untuk pelanggan pembuat mobil di Indonesia, khususnya untuk mobil Jepang,” kata General Manager PT JFE Steel Galvanizing Indonesia Musfir di Jakarta, Selasa, 26 Juli 2016.

Musfir mengatakan, material untuk memproduksi baja kebutuhan industri otomotif saat ini masih diimpor dari Jepang. Spesifikasi baja untuk otomotif agak rumit. “Spesifikasi dari pelanggan sangat ketat sehingga belum bisa disuplai dari lokal. Mudah-mudahan nanti ada perusahaan yang bisa menyuplai material tersebut,” katanya.

Bila material dengan spesifikasi sama sudah ada di Indonesia, JFE akan mengambil material itu dari perusahaan lokal karena diyakini lebih murah di sisi biaya logistik. “Kami menurut rencana memasok ke Daihatsu, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, dan Nissan. Jadi, masih sebatas mobil-mobil Jepang,” kata Musfir.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan menyatakan, pabrik JFE akan memproduksi baja untuk badan mobil yang selama ini diimpor.

“Dengan berproduksinya pabrik JFE ini, lalu nanti juga beroperasi pabrik Krakatau Nippon di Cilegon, diharapkan impor bisa tergantikan,” katanya.

Sebeluninya, secara terpisah, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacture Indonesia Masahiro Nonami mengatakan, selama ini industri otomotif masih membutuhkan impor beberapa bahan, seperti resin, karet sintetis, dan baja.

Nilai investasi pabrik itu USD 300 juta (sekitar Rp 3,94 triliun dengan mengacu pada kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate yang diterbitkan Bank Indonesia pada Selasa). Musfir menargetkan kapasitas produksi mencapai 400.000 ton per tahun. Produksi sampai akhir 2016 diperkirakan sekitar 20.000 ton.

Indonesia memproduksi sekitar 1 juta per tahun dengan kebutuhan baja 600 kilogram baja per mobil. Pemakaian baja dari pabrik tersebut akan menaikkan kandungan lokal mobil yang diproduksi pabrik di Indonesia. “Kami menyuplai langsung dari Bekasi. Selama ini, semua diimpor dari Jepang,” ujarnya. (Kompas)

Bagikan informasi tentang Industri Otomotif Nasional Mendapat Tambahan Pasokan Baja kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Promo honda BRV

Promo New Honda BR-V

Dipublish pada 28 June 2018 | Dilihat sebanyak 154 kali | Kategori: Promo

Promo Honda BRV 2018 Hanya mereka yang berjiwa pemberani dapat menaklukan segala tantangan dan meraih keberhasilan. Memperkenalkan Honda BRV, sebuah Crossover 7 seater canggih yang diciptakan khusus untuk melewati berbagai kondisi jalan dengan penuh ketangguhan. ayo dapatkan Promo New Honda... selengkapnya

Honda Raih 9 Penghargaan Dalam Ajang Autocar Reader’s Choice Award (ARCA) 2016

Dipublish pada 23 August 2016 | Dilihat sebanyak 81 kali | Kategori: News

Jakarta,  Agustus 2016 – Honda raih 9 penghargaan dalam acara Autocar Reader’s Choice Award (ARCA) 2016 yang diadakan pada hari Kamis, 11 Agustus 2016 di Indonesia Convention Exhibition, BSD. selengkapnya

Penjualan Honda Meningkat 32% Dibandingkan Periode Yang Sama di Tahun Lalu

Dipublish pada 17 May 2016 | Dilihat sebanyak 76 kali | Kategori: News

Penjualan Honda Meningkat 32% Jakarta, 17 Mei 2016 – Sejak bulan Januari sampai April 2016, Penjualan Honda meningkat dengan mencatat total penjualan sebanyak 72.763 unit mobil dengan pangsa pasar sebesar 20,7% di pasar otomotif nasional. Angka penjualan Honda meningkat 32%... selengkapnya

Categories